Trump Larang Instansi AS Rilis Informasi ke Medsos dan Wartawan

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, melarang sejumlah instansi pemerintah memberikan atau merilis informasi ke media sosial dan wartawan untuk sementara waktu, guna mencegah munculnya perbedaan keterangan dengan Gedung Putih.

Karyawan di sejumlah instansi pemerintahan seperti Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) dan Kementerian Agrikultur (USDA) dilaporkan mendapat perintah khusus dari Gedung Putih di awal pekan ini untuk tidak merilis “dokumen ke publik” seperti foto, berita, lembar fakta, dan konten media sosial hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Sementara itu, karyawan di kementerian Transportasi juga mendapatkan instruksi untuk tidak mempublikasikan rilis informasi baru atau melibatkan media sosial di setiap kegiatan mereka.

Para pejabat di Lembaga kesehatan dan Layanan Kemanusiaan juga mendapat perintah yang sama untuk tidak mengirim informasi apa pun kepada publik, kutip CNN dari The Independent Rabu kemarin (25/1/2017).

Tak hanya itu, Trump diam-diam juga memerintahkan lima lembaga federal lain untuk membatasi komunikasi dengan publik, terutama wartawan.

Sebarkan Kebaikan!