Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

MENYAMBUT Ramadhan tidak cukup dengan hanya rasa gembira atas datangnya bulan yang mulia ini. Ada dua ruh Ramadhan jika ingin bulan yang dinanti-nantikan ini menjadi tiket menuju Surga-Nya yaitu menjadi orang yang muttaqien.

Yang pertama adalah membakar dosa-dosa yang diambil dari akar kata Ramadhan. Ramadhan adalah bulan pembakaran atas semua dosa yang telah lalu dan kita memasukinya dengan jiwa yang bersih. Bersih dari dosa, khilaf, dan penyakit-penyakit besar yang menjangkiti hati dan pikiran yaitu syirik, dengki, hasad, buruk sangka, iri, riya, dan ujub.

Bersih diri dari segala dosa baik yang diakibatkan karena kelalaian kepada Robb, Allah Subhanahu wa Ta’ala dan dosa karena lalai dalam interaksi sosial yang diperintahkan seperti silaturahmi, memberi makan kepada yang membutuhkan baik kenal maupun tidak dikenal, menyampaikan kebaikan serta saling menasihati dalam kesabaran dan ketaqwaan.

Lalu yang kedua adalah shaum yaitu imsak atau menahan diri dari syhawat dan hawa nafsu. Intinya adalah self control, menahan diri dari segala keburukan. Inti puasa bukanlah hanya menahan lapar dan haus, namun ada banyak penyakit kebinatangan pada diri manusia yang jika tidak ditahan, ia akan menguasai jiwa kita seperti sifat rakus, tamak, ingin menang sendiri, arogan, dan lain sebagainya.

Jika kita telah membakar semua dosa-dosa dan menahan diri atau berhenti meladeni hawa nafsu dan syahwat, maka kenikmatan Bulan Ramadhan akan kita raih dengan dua kemenangan. Yang pertama adalah kemenangan berupa kebahagiaan pada saat berbuka puasa dan kemenangan saat menjumpai Allah sebagai ganjaran atas kemuliaan berpuasa selama satu bulan penuh. Bukankah pahala bagi yang berpuasa pada bulan Ramadhan, Allah sendiri yang memberikan ganjarannya? Sebesar apa pahala yang Allah inginkan bagi orang yang berpuasa, Allah SWT Maha Kuasa memberikan apa saja yang Dia inginkan di luar dugaan manusia.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan. Ikuti terus tausiah Ramadhan di sini: aqlnews.com.

Sebarkan Kebaikan!