NewsSirah

Selamat Hari Ayah, UBN: Jadilah Ayah Ideologis Bukan Hanya Ayah Biologis

JAKARTA (AQLNEWS) – Bagi warga Indonesia, peringatan Hari Ayah Nasional mungkin masih asing. Peringatan Hari Ibu yang dirayakan setiap 22 Desember, barangkali lebih populer. Nah, hari ini, 12 November, ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional. Lantas, bagaimana tanggapan KH Bachtiar Nasir tentang hari ayah?

Berikut pernyataan lengkap KH Bachtiar Nasir tentang hari Ayah. Jakarta, 12 november 2017:

Ayah biologis dan ayah ideologis tentu berbeda. Ayah biologis hanya bisa menjadi media untuk kelahiran anak, setelah itu dia tidak bertanggung jawab terhadap ideologi anaknya, visi hidup anaknya, dan misi hidup anaknya.

Jadilah ayah ideologis, jangan hanya bisa menjadi ayah biologis yang memberi asupan fisik semata-mata tapi tidak mampu membangun ideologi.

Bangun kekuatan jiwa anak dengan berjiwa ketuhanan yang Maha Esa, Katakanlah: “Dialah Allah, Yang Maha Esa. ( QS. Al-Ikhlas: 1). Buat anakmu wahai para ayah! Menjadi anak-anak yang hanya bergantung kepada Allah dan bersih akidahnya, Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, (QS. Al-Ikhlas: 2-3). Bahwa Tuhan bukanlah anak dari seorang bapak, dan Tuhan bukan pula bapak dari seorang anak. dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia. (QS. Al-Ikhlas: 4). Kita semua akan menjadi ayah tangguh kalau berhasil meyakinkan anak bahwa tidak akan ada yang sama dan setara dengan Tuhan, baik dengan zat mau pun dalam ciptaan-Nya.

Ayah dikatakan pemberani kalau sudah berani membagi waktu hanya untuk anaknya. Ayah pemberani adalah ayah yang berani menerima semua kekuarangan anaknya kemudian menyayangi sepenuh hati lalu membimbingnya ke arah yang sesuai dengan cita-cita anaknya. Ayah pemberani adalah ayah yang tidak mudah putus asa terhadap apa yang terjadi pada anaknya, dia terus membimbing, dia terus memberikan jalan dan mendorong ke masa depan yang lebih baik.

Di hari ayah ini, mari buat resolusi, jadilah ayah ideologis bukan hanya ayah biologis. Jadilah ayah pemberani yang berani memberikan waktu, tenaga, bahkan nyawanya jika itu memang dibutuhkan  anaknya karena Tuhannya.

Sebarkan Kebaikan!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close