Rahasia Meraih Cita dengan Zikir

“Zikir adalah power sejati seorang muslim” (KH Bachtiar Nasir)

 

 

لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوا فَضْلًا مِنْ رَبِّكُمْ ۚ فَإِذَا أَفَضْتُمْ مِنْ عَرَفَاتٍ فَاذْكُرُوا اللَّهَ عِنْدَ الْمَشْعَرِ الْحَرَامِ ۖ وَاذْكُرُوهُ كَمَا هَدَاكُمْ وَإِنْ كُنْتُمْ مِنْ قَبْلِهِ لَمِنَ الضَّالِّينَ

“Tidak ada dosa bagimu untuk mencari karunia (rezeki hasil perniagaan) dari Tuhanmu. Maka apabila kamu telah bertolak dari ‘Arafat, berdzikirlah kepada Allah di Masy’arilharam. Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah sebagaimana yang ditunjukkan-Nya kepadamu; dan sesungguhnya kamu sebelum itu benar-benar termasuk orang-orang yang sesat.” (QS. al-Baqarah: 198)

Setelah semalaman jamaah haji mengumpulkan batu-batu kerikil untuk melempar setan dan kekuatan setan pada pagi hari dalam jumrah aqabah di Minah. Akan tetapi, setelah mabit dengan terbangun di mayoritas malam di Musdalifah, jamaah haji diminta untuk shalah subuh dan berzikir di sebuah bukit di masy’aril haram hingga menjelang terang matahari. Lalu, kenapa memulai hari dengan berzikir?

Ada banyak keinginan yang ingin kita dapatkan, ada banyak cita-cita yang ingin kita raih, ada banyak harapan dan hal-hal besar yang ingin kita lakukan, tapi semua hanya bisa terjadi atas izin dan kehendak Allah subhanahu wa ta’aala. Bahkan dalam urusan peperangan kita diperintahkan untuk berzikir kepada-Nya, karena zikir adalah power sejati seorang muslim. Lalu, dimana letak kekuatan zikir yang sesungguhnya?

Yang paling pasti dari zikir itu adalah mendatangkan pertolonga Allah subhanahu wa ta’aala. Semua senjata, peluru, dan amunisi hanya bisa dijadikan sebagai sarana untuk meraih kemenangan dengan izin-Nya. Zikir bukan hanya mendatangkan kekuatan psikis tapi juga kekuatan fisik dan kekuatan lainnya. Allah subhanahu wa ta’aala berfirman:

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu,….” (QS. al-Baqarah: 152)

Allah yang akan menguatkan dan Dia yang akan memberikan pertolongan kepada hamba-Nya.

Sebarkan Kebaikan!