Mengendalikan Emosi dan Keinginan

KH BACHTIAR NASIR
(Tausiah Ramadhan di Mantingan, Ngawi, Jawa Timur)

ORANG yang ingin meningkat kualitas shaumnya, harus mampu mengendalikan emosi dan keinginannya. Kedua hal ini harus dikelola baik dengan tujuan untuk mendatangkan manfaat dan menjauhkan diri dari bahaya.

Terlebih di bulan Ramadhan, pintu rahmat dan ampunan dibuka lebar serta dosa-dosa diampuni dan pahala dilipatgandakan. Karenanya, yang paling penting dipelajari adalah makna shaum, yaitu pengendalian diri. Emosi dan keinginan harus benar-benar dikontrol. Karena dengan emosinya, manusia bisa lebih binatang dari binatang, dan nafsunya bisa melebihi hewan.

Kenapa kita diarahkan untuk mengendalikan emosi dan keinginan? Pertama, emosi harus dikendalikan dengan cara menahan agar tidak mendatangkan bahaya. Artinya, dengan menahan emosi, kita akan mendatangkan manfaat. Kecuali marah karena Allah seperti memusuhi kemungkaran (nahi munkar), maka ia akan mendatangkan manfaat.

Kedua, mengendalikan atau menahan keinginan agar tidak mendatangkan bahaya. Inilah yang sedang dilatih pada bulan Ramadhan. Bayangkan, hal yang halal saja banyak dilarang di siang hari pada bulan Ramadhan. Hasan al Basri berkata, contoh orang bertaqwa mampu mengendalikan diri dengan tidak melakukan yang halal agar tidak terperosok.

Misalnya, menonton televisi. Pada awalnya memang halal, tapi jika kita tidak menahan diri, dan terus saja menonton semua tayangan televisi, ternyata tidak sedikit program yang menyesatkan termasuk iklannya.

Taqwa Ramadhan beda dengan taqwa orang shalat. Orang shaum lebih pada tindakan mencegah, yaitu menghindari yang halal agar kita tidak terperosok. Kenapa Allah kasi rasa marah? Supaya kita jauhi. Kenapa kita dikasi sifat berkehendak? Supaya kita cari yang bermanfaat.

Sebuah contoh keinginan yang mendatangkan bahaya, seperti merokok. Seharusnya keinginan itu digantikan dengan yang mendatangkan manfaat. Kita sudah tahu apa saja bahaya yang didatangkan dengan merokok, dan sebaliknya banyak manfaat yang dapat diambil dengan berhenti merokok. *azh

Sebarkan Kebaikan!