News

Makna Persatuan bagi Anies Baswedan

JAKARTA (AQLNEWS)- Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan merasa heran dengan orang yang mau memperjuangkan kebhinekaan. Menurutnya, yang harus diperjuangkan bukan kebhinekaan tapi persatuan dalam kebhinekaan.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu menjelaskan bahwa akhir-akhir ini kita sering mendengar orang yang ingin memperjuangkan Bhineka Tunggal Ika. Namun dia merasa khawatir jika ada salah pengertian soal ini. karena kebhinekaan di Indonesia adalah sesuatu yang melekat dalam diri rakyat Indonesia, bukan hal baru. Di Nusantara, ada 741 bahasa, 714 suku dan bangsa.

“Yang namanya Bhineka bukan barang baru, karena itu kalau ada yang ingin memperjuangkan kebhinekaan kesannya seperti mau menambah jumlah kebhinekaan. Apanya yang mau diperjuangkan? Kebhinekaan itu bawaan kita. yang harus diperjuangkan adalah persatuan di dalam kebhinekaan itu. Persatuan, bukan kebhinekaanya. Makanya jika ada orang yang mengatakan ingin memperjuangkan kebhinekaan itu salah baca, yang harus diperjuangkan adalah persatuan di dalam kebhinekaan”, ujar Anies dalam acara Tabligh Akbar di AQL Islamic Center, Tebet Utara I, Jakarta Selatan, Sabtu malam (3/2/18) lalu.

Dia melanjutkan bahwa kebhinekaan adalah fakta tetapi persatuan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan, persatuan harus dikerjakan, dan harus diikhtiarkan. “Oleh karena itu umat Islam harus menjadi penopang dan pendorong persatuan di Indonesia”, ucap Anies.

Jika diterjemahkan perkata, kata bhinneka berarti “beraneka ragam”. Kata neka dalam bahasa Sanskerta berarti “macam” dan menjadi pembentuk kata “aneka” dalam Bahasa Indonesia. Kata tunggal berarti “satu”. Kata ika berarti “itu”.

“Tunggal artinya satu Ika artinya (satu) itu jadi mau menegaskan bahwa Bhineka yang satu itu. Kita terlalu banyak bicara bhineka dan lupa Tunggalnya. Umat Islam tidak perlu banyak bicara tapi tunjukkan bahwa umat Islam yang akan menunjukan Tunggalnya di Indonesia”, Tegas Gubernur DKI itu.

*Gubahan M

Sebarkan Kebaikan!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close