ArtikelOaseTadabbur
Trending

Longsor dan Gambaran Qur’an Tentang Kepanikan Hari Kiamat

GOWA (AQLNEWS)- Alquran adalah kitab peradaban. Dengannya Jazirah Arab mampu menaklukkan kekaisaran Romawi dan Persia. Dengannya Islam mampu menguasai 2/3 dunia. Dengannya masyarakat Indonesia mengenal Tuhan Yang Maha Esa, Allah Swt..

Alquran tak hanya menceritakan kejadian masa lalu, sebagai pelajaran. Tapi juga mengambarkan pristiwa-pristiwa masa depan agar kita mampu memperbanyak bekal. Salah satu informasi penting yang dibocorkan oleh Quran adalah peristiwa hari kiamat dan kepanikan-kepanikan yang terjadi pada saat itu.

Dalam surat Alzalzalah misalnya,  digambarkan bumi akan mengeluarkan material-material di dalam perutnya. Alqariah menyebutkan gunung-gunung beterbangan laksana kapas dan manusia tak lagi menghiraukan keluarganya sendiri.

Bahkan dalam surat Alma’arij manusia tega menjadikan anak dan istrinya sebagai tebusan, jika bisa, untuk menebus dirinya agar terhindar dari kengerian hari kiamat dan dahsyatnya azab Allah Swt..

Yang perlu kita ketahui adalah, Allah tak hanya menurunkan ayat-ayat tersurat dalam Quran sebagai pengingat. Tapi Dia juga mengirimkan ayat kauniyah untuk kita tadabburi sebagai pengingat agar lebih mendekatkan diri kepadaNya.

Seumpama ayat kauniyah yang Allah turunkan di Gowa, bencana longsor. Muhammad Basyir, kepolisian setempat membenarkan gambaran tentang hari kiamat yang digambarkan dalam Quran.

“Betul-betul terjadi apa yang ada di dalam Al-Quran itu; panik, sudah tidak pikirkan keluarganya sendiri,” ucapnya kepada AQLnews.com

Dirinya menyaksikan masyarakat Mangempang berlarian saat longsor tiba. Tak seorang pun menghiraukan orang lain, semua berfikir untuk menyelamatkan diri sendiri.

“Sudah seperti keadaan di hari kiamat nanti, yang digambarkan dalam Al-Qur’an, semua orang berlarian selamatkan diri sendiri, tinggalkan semua keluarganya,” urainya.

Basyir kemudian memberikan contoh untuk menguatkan argumentasinya, katanya, seorang ibu hamil yang ia tak sebutkan namanya ditinggalkan oleh suaminya sendiri. “Ada itu ibu hamil. Karena saking paniknya itu suaminya, dia tinggalkan istrinya. Dia pake jas hujan bagus,  sementara istrinya dia tinggalkan, untung tidak tertimbun itu. Orangnya ada di Mangempang,”

Bahkan Basyir sendiri saat mendengar ledakan lalu gemuruh yang diikuti longsor, ia berteriak layaknya anak SD. Kendaraan dinas miliknya dibiarkan tergelatak di tengah jalan lalu lari menyelamatkan diri di tempat yang menurutnya aman.

Menurut pengakuannya, ia telah dianggap meninggal, lantaran kendaraanya ditemukan tergeletak di tengah jalan. “Pas saya ketemu teman saya di Pattiro, dia langsung peluk saya. Karena dia menganggap saya sudah meninggal.”

Basyir kemudian mengingatkan bahwa apa yang ada di dalam Quran pasti benar adanya. Alquran adalah kebenaran yang diturunkan langsung oleh Yang Maha Benar.

Benarlah jika Alquran diturunkan sebagai petunjuk agar semua manusia melalui jalan lurus untuk bisa masuk ke dalam surgaNya kelak.

==========
Mari bersama do’akan dan bantu saudara kita korban musibah banjir Makassar bersama AQL Peduli melalui :

Bank Syariah Mandiri
7888804441
an. Yayasan Pusat Peradaban Islam

Info dan konfirmasi :
+6282239193515

Sebarkan Kebaikan!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close