AQL InfoInternasionalNewsTadabburUncategorized

Kunjungan menjalin kerja sama membangun peradaban Islam

AQL Islamic Center: Setelah sebelumnya melakukan kunjungan ke Turki dan berkunjung ke kantor lembaga dakwah dan kemanusiaan terbesar di Turki, al Hayrat, Ustadz Bachtiar Nasir melakukan kunjungan lagi ke Malaysia melanjutkan usaha menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga dakwah, pendidikan dan kemanusiaan dari berbagai negara muslim demi untuk membangun peradaban Islam yang memberikan kesejahteraan dan keadilan bagi umat manusia.

Mengawali kunjungan ke Malaysia, ustadz yang biasa dipanggil UBN ini mengunjungi Universitas Islam Antarbangsa (UIA) yang merupakan salah satu universitas Islam terkemuka di Malaysia.

Di universitas Islam Antarbangsa ini, UBN diajak mengunjungi NRTC (Bediuzzaman Said Nursy project for Research, Training and Concultancy) yang berada di bawah lembaga al Hayrat Turki.

Sadik Ozata, pejuang al Hayrat dan perintis NTRC menjelaskan kepada UBN bahwa beliau mulai merintis dakwah al Hayrat di Malaysia sejak tahun 2007. Dan baru 2 tahun yang lalu diberikan tempat di UIA untuk NTRC.

Lelaki Turki yang sudah lancar berbahasa Melayu ini melanjutkan bahwa di antara program-program NTRC yaitu mengadakan kursus-kursus bahasa Turki, bahasa Arab, bahasa Melayu dan tentu program utama mereka yaitu pengajaran Risalah an Nur, karangan Bediuzzaman Said Nursy yang monumental. “Kita juga mulai menerjemahkan Risalah an Nur ke dalam bahasa Melayu” lanjutnya.

Kemudian UBN yang juga adalah pimpinan AQL Islamic Center menjelaskan tentang kegiatan dan program dakwah AQL yang menjadikan Tadabbur al Qur’an sebagai landasan sekaligus metode dakwahnya.

UBN kemudian menjelaskan bahwa beliau memilih Tadabbur al Qur’an karena Tadabbur inilah yang dikehendaki al Qur’an sebagai metode bagi umat Islam untuk berinteraksi dengan al Qur’an. Sekjen MiUMi ini menerangkan bahwa 4 kali derivasi kata tadabbur disebutkan di dalam al Qur’an dan hanya sekali kata tafsir disebutkan.

Selanjutnya UBN bersilaturrahim dengam dekan Kulliyyah of Islamic Revealed Knowledge and Human Sciences, Assoc, Prof. DR. Shukran Abdur Rahman.

Dalam silaturrahim ini, UBN memperkenalkan diri dan lembaga-lembaga yang beliau pimpin dan inisiasi seperti AQL Islamic Center dan MIUMI.

Selanjutnya UBN dan sang dekan berdiskusi dan saling berbagi tentang permasalahan dan tantangan yang dihadapi dunia Islam serta bagaimana seharusnya umat Islam menghadapinya terutama dari aspek kolaborasi dan kerja sama antar umat Islam dari berbagai belahan dunia Islam. Kedua pihak juga berkomitmen untuk melanjutkan dan mengembangkan kerja sama di antara kedua belah demi pengembangan peradaban Islam di masa yang akan datang.

Sebarkan Kebaikan!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close