KH Hasyim Muzadi, Ulama yang Konsisten, Santun, dan Humanis

JAKARTA (AQLNEWS) – Imam Masjid Al-Hikmah New York Shamsi Ali menyampaikan rasa duka mendalam atas meninggalnya mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi, Kamis (16/3/17). Di mata pejuang muslim asal Sulsel di Amerika Serikat itu, KH Hasyim Muzadi adalah ulama yang konsisten dengan kebenaran, namun tetap santun dan humanis.

Innaa lillahi wa innaa ilaihi rajiuun. Allahumma ighfirlahu warhamhu wa aafihi wa’fu anhu,” tulis Shamsi Ali di sebuah group What’s Up atas berpulangnya kiyai kharismatik itu pukul 06.15 WIB, pagi tadi. Imam Shamsi Ali adalah mantan imam Islamic Center of New York, Amerika Serikat (AS). Dia menjabat selama 10 tahun sejak 2001.

Menurut dia, sewaktu KH Hasyim Muzadi menjabat Ketua Umum PBNU, Imam Shamsi pernah setengah dipaksa mendirikan NU Cabang Amerika. Namun, Imam Shamsi menjawab kalau dirinya adalah kader Muhammadiyah. Lalu KH Hasyim menjawab: “Mas, tidak apa-apa. Saya juga kalau diminta jadi Ketum Muhammadiyah mau aja”.

Belakangan, tulis Imam Shamsi, dia baru tahu kalau tujuan permintaan itu adalah agar NU cabang Amerika tidak didirikan oleh Abdallah Ulil Abshar atau Ulil, yang saat itu sedang kuliah di Boston. “Allahu yarhamhu, wa ya’fu ‘anhu, wa yudkhiku fasiiha jannatihi. Al-Fatihah!” *azh

Sebarkan Kebaikan!