KH Hasyim Muzadi Meninggal Dunia

INNAALILLAAHI wa innaa ilaihi rojiun. Kullu nafsin dzaiqotul maut. Telah meninggal dunia KH Ahmad Hasyim Muzadi, ghafarallahu lahu, pada pagi ini, hari kamis, 16 maret 2017, pukul 06.15 WIB. Jenazah insya Allah akan diberangkatkan ke pesantren al-Hikam Depok dari Malang bakda zhuhur hari ini, dan akan dishalatkan di masjid al-Hikam setibanya di pesantren.

Demikian kabar duka meninggalnya Mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi lewat group whats up sejak pagi tadi, Kamis (16/3/17). Kabar duka itu mencantumkan pengirim pesan atau sumber informasi atas nama Ust Yusron Shidqi (Putra Abah Hasyim). Di media sosial, informasi yang sama disiarkan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Dia menulis:

“Telah wafat KH. Hasyim Muzadi pagi ini. Mari doakan almarhum diampuni kesalahannya, diterima amal bajiknya, berada di sisi-Nya. Al-faatihah..,” tulis Lukman di akun Twitternya, Kamis (16/3/17).

Umat Islam kehilangan tokoh pemersatu di tengah kondisi bangsa saat ini yang rentan terpecah akibat panasnya perpolitikan nasional. KH Hasyim Muzadi tidak hanya dikenal kiprahnya sebagai mantan Ketua PBNU namun juga di kancah internasional khsususnya di dunia Islam.

Sejak beberapa waktu lalu, KH Hasyim Muzadi jatuh sakit dan dirawat di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur. Belakangan ini, tokoh yang akrab disapa Mbah Hasyim itu tengah menjalani masa pemulihan di kediaman setelah dirawat di Rumah Sakit Lavalette, Malang.

Menurut Kepala RS Lavalette Abdul Rokhim, Mbah Hasyim sebenarnya masih perlu menjalani masa pemulihan di rumah sakit. “Akan tetapi, Kiai Hasyim ingin menjalani masa pemulihan di kediamannya agar lebih dekat dengan santri-santrinya,” jelas Abdul Rokhim.

Mbah Hasyim masih tercatat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) sejak 19 Januari 2015. Pendiri Pondok Pesantren Al-Hikam Malang juga sempat menitipkan banyak pesan kepada Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) KH Bachtiar Nasir. Hal itu disampaikan Mbah Hasyim saat KH Bachtiar Nasir menjenguknya, Jumat (13/1/17) lalu, di Malang.

Mbah Hasyim menyampaikan beberapa nasihat dan catatan kepada Ketua GNPF. Intinya, Beliau ikut mendoakan keberhasilan gerakan ummat Islam yang dimotori oleh GNPF melalui Aksi Bela Islam. “Saya berdoa agar Aksi 212 ini berhasil,” kata KH Hasyim Muzadi.

KH Bachtiar Nasir mencatat baik-baik pesan Mbah Hasyim tersebut namun tidak untuk dipublikasikan apa saja yang disampaikan dalam pertemuannya tersebut. “Beliau menyampaikan banyak hal masalah keumatan dan kebangsaan saat ini. Namun pesan-pesan itu hanya untuk saya kerjakan, bukan untuk disampaikan secara terbuka ke publik,” kata KH Bachtiar Nasir usai mengunjungi Mbah Hasyim yang saat itu masuh dirawat di RS Lavalette, Malang. *azh

Sebarkan Kebaikan!