Artikel

Keunggulan Rumah Berkah Berjamaah

Lombok, Berkah Berjamaah. Rumah Berkah Berjamaah merupakan rumah semi permanen yang diberikan secara cuma-cuma kepada korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Agustus 2018 lalu.

Rumah semi permanen ini merupakan donasi dari para muhsinin yang dihimpun oleh AQL Peduli dan Berkah Berjamaah. Dua lembaga yang merupakan unit khusus di bawah AQL Islamic Center ini didirikan oleh KH Bachtiar Nasir Lc, MM.

Meski berbentuk semi permanen, Rumah Berkah Berjamaah memiliki perbedaan yang signifikan dibanding rumah hunian sementara lainnya. Tak berlebihan jika Rumah Berkah Berjamaah ini disebut spesial.

Lahan Milik Korban Bencana

Banyak lembaga yang membangun rumah hunian sementara di satu lokasi pengungsian. Hal ini amat berbeda dengan Rumah Berkah Berjamaah yang dibangun di atas lahan milik warga terdampak gempa.

Karena lahan milik sendiri, maka penerima Rumah Berkah Berjamaah lebih tenang dan bebas mengganti dengan rumah yang lebih layak setelah memiliki rezeki yang cukup.

Bahan Spesial

Biasanya, rumah hunian sementara didirikan ala kadarnya dengan dinding terpal dan tiang bambu tanpa memperhatikan kekokohan dan kenyamanan.

Nah, Rumah Berkah Berjamaah ini dibangun secara profesional dengan bahan-bahan yang spesial pula.

Tak heran jika Rumah Berkah Berjamaah ini berdiri kokoh dan enak dilihat karena dilengkapi dengan cat pada dinding rumah.

Rumah Berkah Berjamaah ini, umumnya berukuran 3×5 meter dengan tinggi sekitar 3 meter.

Penanggung Jawab bangunan Rumah Berkah Berjamaah, Rini Efriani menjelaskan bahwa rumah semi permanen ini spesial sejak pondasi yang menggunakan roolag keliling.

Lantai diurung, dirapikan dengan plur (campuran antara semen dan pasir), disempurnakan dengan plastik vinyl.

Naik ke atas, dinding Rumah Berkah Berjamaah memiliki dua lapisan alias dobel. Lapisan luar menggunakan GRC, bagian tengah baja ringan, dan triplek di bagian dalam.

Dinding terlihat semakin cantik karena dicat rapi dengan pemilihan warna yang nyaman dipandang. Bukan salah satu, tetapi dicat bagian luar dan dalam.

Di bagian atas, Rumah Berkah Berjamaah menggunakan rangka yang terbuat dari baja ringan dengan atap bondek. Model atap berbentuk pelana sehingga membutuhkan material yang lebih banyak.

Rumah Berkah Berjamaah ini semakin spesial karena memiliki dua pintu dan dua jendela. Satu pintu untuk keluar dan masuk rumah, satu pintu lainnya di dalam sebagai penghubung antara dua ruang di dalam rumah. Rumah Berkah Berjamaah terdiri dari dua ruangan, yakni ruang tamu atau ruang keluarga dan kamar untuk istirahat.

Targetkan 100 Rumah

AQL Peduli dan Berkah Berjamaah menargetkan berdirinya rumah semi permanen sebanyak 100 unit.

Saat diresmikan pertama kali di Sire Timur, Tanjung, Lombok Utara, Sabtu (27/10/18) jumlah bangunan yang siap ditempati sebanyak 21 unit.

Mewujudkan Mimpi Pengungsi

Rumah Berkah Berjamaah ini terwujud atas donasi dari masyarakat melalui Berkah Berjamaah dan AQL Peduli yang didirikan oleh KH Bachtiar Nasir.

Masyarakat yang menjadi korban gempa Lombok mengaku amat bersyukur dan bahagia dengan adanya Rumah Berkah Berjamaah.

Antusiasme Masyarakat

Dilihat dari komposisi bangunan, wajar jika membutuhkan biaya yang lumayan besar uantuk 1 unit rumah. Founder Berkah Berjamaah, Kiyai Bachtiar Nasir menyebutkan, untuk membangun 1 unit rumah dibutuhkan dana sekitar 17 juta rupiah.

Kabar gembiranya, donatur menyambut dengan antusias ajakan beramal ini.

“Ada satu donatur yang menyumbang satu, dua, tiga rumah. Bahkan ada satu donatur yang menyumbang untuk 10 rumah.” ungkap Kiyai Bachtiar menjelaskan.

Berharap Naungan Allah

Kiyai Bachtiar mendoakan, semoga para donatur yang ikhlas memberikan bantuan berupa rumah sementara sebagai naungan di dunia kelak dibalas oleh Allah dengan naungan di akhirat. []

____________
Mari ulurkan kepedulian kita bersama Berkah Berjama’ah dan AQL Peduli melalui rekening :

Muamalat 3400003937 an Pusat Peradaban Islam.

7121464777 BSM an Yayasan Pusat Peradabn Islam.

Berkah Berjama’ah, Ringan dengan Berjama’ah.

#BerkahBerjamaah
#AQLPeduliLombok
#AQLMedia

Sebarkan Kebaikan!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close