Kesempatan Membangun Masjid untuk Kebangkitan Islam di Sevilla

JAKARTA (AQLNEWS) – Membangun masjid di Tanah Air mungkin sudah biasa. Ini ada yang luar biasa jika ingin bersama-sama membangun masjid di Spanyol untuk ummat Islam di sana. Yayasan Masjid Sevilla (Fundacion Mezquita de Sevilla) membuka kotak amal bagi kaum muslimin di Indonesia yang ingin turut serta membangun masjid di salah satu kota di Spanyol. Tepatnya di Sevilla.

“Di Sevilla hanya ada satu mushollah berkapasitas kecil untuk satu provinsi. Juga karena jumlah mereka yang masih sedikit sehingga terkadang mereka diganggu oleh nonmuslim yang merasa terganggu oleh kegiatan ibadah umat Islam,” kata ungkap Sekretaris Fundacion Mezquita de Sevilla Ibrahim Hernandez saat berkunjung ke Masjid AQL Islamic Center, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (21/4/17).

Ibrahim didampingi Pimpinan AQL Islamic Center KH Bachtiar Nasir menawarkan program tersebut usai shalat Jumat. Dengan membantu pembangunan masjid di Sevilla berarti Anda telah membantu bangkitnya Islam di sana dan membantu kenyamanan dalam beribadah. “Kami dari generasi Muslim di Sevilla berusaha untuk membangkitkan kembali Islam. Kami akan membuat satu masjid yang monumental tetapi membutuhkan dana yang cukup besar sekitar 16 juta Euro,” kata Ibrahim di hadapan para jamaah.

Ibrahim menyebutkan bahwa saat Ramadan tiba umat Islam bahkan hanya bisa shalat tarwih di mushola kecil dan panas. Meskipun tak nyaman, keteguhan mereka untuk tetap beribadah menarik perhatian masyarakat dari berbagai negara seperti lembaga kemanusiaan Islam Malaysia (Ukhwah for Ummah) dan Indonesia (Aksi Cepat Tanggap).

Ibrahim menyebutkan  Oki Setiana Dewi Dan Dewi Sandra menjadi perwakilan Indonesia untuk program ” A Tile for Seville” dan akan melakukan kampanye melalui Youtube untuk menggalang donasi.
“Dan tentu yang sangat diharapkan membantu program ini adalah muslim Indonesia yang merupakan muslim terbesar di dunia. Jadi nanti yang ingin ikut berpartisipasi atas nama corporal, keluarga besar, dan komunity bisa berhubungan dengan saudara Rio (Suami Oki Setiana Dewi),” katanya.

KH Bachtiar Nasir menambahkan, generasi muda Islam Indonesia harus berani memperjuangkan agamanya sebagaimana mereka ini. Pada abad ketujuh Masehi (716) Sevilla pernah menjadi salah satu kota ilmu yang masyhur ketika kaum Muslim berkuasa di Andalusia. Gairah intelektual mewarnai gerak kehidupan masyarakat setempat sehingga melahirkan tokoh serta karya-karya luar biasa yang berkontribusi bagi kemajuan khazanah ilmu pengetahuan Islam.

Beberapa tokoh penting lahir dari kota yang disebut sebagai kota termewah setelah Cordoba. Di antaranya seorang matematikus terkemuka. Namanya Ibnu al-Yasamin al-Ishbilli.

Karyanya yang berjudul al-Urjuza al-Yasminiya fil Jabr wal Muqabala, syair-syair tentang al-Jabar dan perbaikan. Al-Ishbilli lahir di Afrika Utara dan wafat pada 1209. Tapi, menempuh pendidikan di Sevilla. Ibnu Qasim al-Shalubin tercatat sebagai salah satu guru al-Jabar al-Ishbilli.

Namun Andalusia (Spanyol) kembali runtuh sekitar tahun 1000-an pada saat kerajaan islam sudah terpecah belah menjadi thaifah. Thaifah itu mempunyai otonomi masing-masing sehingga sangat rentan diserang oleh kerajaan-kerajaan Kristen yang berada di wilayah Utara. Dan akhirnya pada tahun 1492 kejayaan Islam terhapus dari tanah Andalusia yang ditandai dengan masuknya pasukan Kristen di Granada yang merupakan thaifah terakhir di Andalusia.

Berikut ini alamat rekening untuk pembangunan Masjid di Sevilla:

1. Aksi Cepat Tanggap, Bank: BCA
Cabang : Gedung Manhattan, Jakarta Selatan
Nomor Rekening : ‪5995220048‬ Swift : CENAIDIA

2. Fundacion Mezquita de Sevilla,
Nomor Rekening : 21002143670200290524 Swift /BIC Code : CAIXESBBXXX
IBAN: ES9021002143670200290524
Bank : La Caixa Caja de Ahorros ypensiones de Barcelona,
Cabang : 2143 Alamat : ‪C/ Imagen, 10, 41003, Sevilla‬

Sebarkan Kebaikan!