Sirah

Jujurlah! Maka Kamu akan Untung di Dunia dan Mendapatkan Pahala di Akhirat

ALLAH SWT. menghendaki yang terbaik untuk hamba-Nya, dan itulah yang akan terjadi. hidup tak selamanya sesuai dengan keinginan dan harapan manusia. Allah yang Maha Mengetahui akan menegur hamba melalui ujian-ujian agar ia tersadar dan menyadari jika perbuatannya salah, atau Dia hendak meninggikan derajat hamba tersebut.

Suatu ketika ada seorang saleh selalu mewasiatkan kepada para pekerja karyawan tokonya. Dia meminta agar meminta kepada para langganannya untuk diberi tahu jika ada barang dagangannya yang cacat. Lalu setiap kali ada pembeli datang maka ia diminta untuk mengecek barang terlebih dahulu.

Suatu hari seorang Yahudi membeli baju yang ada cacatnya. Pemilik toko yang kebetulan tidak ada ditempat maka pekerjanya berkesimpulan tidak perlu memberi tahu Yahudi tersebut. Setalah datang, pemilik toko menanyakan perihal baju cacat tersebut. Dengan rasa sesal di dada pekerja itu menjawab, “baju itu telah dibeli oleh seorang Yahudi.”

Lalu pemilik toko bertanya perihal Yahudi itu, “Apakah ia sudah mengecek cacat yang ada pada baju itu?”

Lalu dijawab, “belum.”

Pemilik toko bertanya lagi, “Sekarang mana dia?”

Dijawab kembali, “ia sudah pergi bersama rombongan dagang.”

Seketika itu pula, sang pemilik toko itu membawa uang hasil hasil pembayaran dari baju cacat itu. Lalu ia mencari romobongan dagang yang dimaksud dan baru mendapatinya setelah menempu perjalanan tga hari, seraya berkata, “Hai fula, tempo hari kamu telah membeli baju yang ada cacatnya. Ambil uang ini dan kembalikan bajuku itu.” Yahudi itu balas menjawab, “Apa yang menyebabkanmu berbuat sampai sejauh ini?”

Lelaki itu menimpali, “Islam dan sabda Rasulullah Saw.,

 

وَمَنْ غَشَّنَا فَلَيْسَ مِنَّا

“Dan barangsiapa menipu kami, maka dia bukan golongan kami.” [HR. Muslim No.146].

Yahudi  balik menimpali, “Uang yang aku bayarkan kepadamu juga palsu maka ambillah uang tiga ribu ini sebagai gantinya dan aku tambahkan lagi lebih dari itu, “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasul-Nya”. *dinukil dari buku 100 Kisah Teladan Tokoh Besar, 82.

Sebarkan Kebaikan!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close