ArtikelTausiyah
Trending

Jangan Putus Asa, Rahmat Allah Sangat Luas

BAGAIMANA cara lain agar kita menjadi yang terpilih? Dalam sebuah hadis disebutkan, Rasulullah Saw. beri’tikaf di sepuluh hari terkahir bulan Ramadhan dan beliau bersabda,

تَحَرَّوْا وفي رواية : الْتَمِسُوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِيْ الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ

“Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” Hadits Riwayat Bukhari 4/225 dan Muslim 1169)

Mungkin kita salah satu orang yang baru sadar atau baru mendapatkan ilmunya. Atau baru mendapat hidayah, jangan khawatir karena kesempatan selalu terpampang luas bagi siapa saja untuk mendapatkan keberkahan lailatul qadar.

Jika hari sebelumnya kita masih malas, atau bahkan banyak maksiat, maka saat ini kita masih punya kesempatan untuk bertaubat kepada Allah Swt.. Syarat untuk menjadi hamba yang terpilih hanya diperlukan dalam diri keuatan rasa untuk siap menjadi yang terpilih. Rasulullah Saw. bersabda,

الْتَمِسُوهَا فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ – يَعْنِى لَيْلَةَ الْقَدْرِ – فَإِنْ ضَعُفَ أَحَدُكُمْ أَوْ عَجَزَ فَلاَ يُغْلَبَنَّ عَلَى السَّبْعِ الْبَوَاقِى

Carilah ia -lailatul qadar- di sepuluh malam terakhir. Jika salah seorang kalian lemah atau tidak mampu, maka janganlah ia kalah di tujuh malam terakhir. (HR. Muslim)

Kesempatan itu selalu ada dan masih ada, jangan sia-siakan. Kita hanya diminta untuk berkeinginan menjadi yang terpilih. Lalu siapkah kita untuk menjadi hamba yang terpilih itu?

Sepulu terakhir ramadhan adalah malam penuh kebahagian bagi hati yang penuh rahmat Allah Swt.. Karena dia selalu mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan hal-hal hebat setiap malamnya. Tidak lupa, banyak kesempatan untuk menjadi yang terpilih. Jangan putus asa, rahmat Allah sangat luas. *Ditulis dari tausiyah KH Bachtir Nasir.

*Muhajir

 

Sebarkan Kebaikan!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close