ArtikelNews
Trending

Hikmah

Palu, Berkah Berjamaah. Adakah telah kita tafsir sejarah sejak berabad silam? Adakah pernah kita coba bertanya, mengapa duri sampaikan nyeri? Sedang diri masih rindu untuk merasai arti sebuah kebahagiaan?

Setiap langkah, detik yang berdetak, dan rel kehidupan manusia telah termaktub dalam lauh al-mahfuz. Jalani, nikmati, dan syukuri.

Serupa perjanjian Hudaibiyah di zaman Rasul. Bahkan Umar geram dengan keputusan kekasih Allah itu. Namun demikianlah, otak manusia sangat terbatas. Kadang apa yang kita pandang baik justru buruk di hadapaNya. Apa yang kita anggap buruk justru baik di hadapanNya.

Hikmah. Sebuah kata yang selalu menjadi sugesti bagi kebanyakan orang. Bercerita saat tertimpa musibah, dengan penuh kesadaran sambil mengelus dada lalu berucap, “Saya tawakal, pasti ada hikmahnya.” Ucap Ustad Abdul Ghafur di sela-sela percakapannya dengan relawan AQL Peduli dan Berkah Berjamaah.

Tawakal adalah sifat orang yang beriman. Kebahagiaan ada pada penerimaan atas takdir yang menimpa diri. Sebab, di atas kuasa manusia ada Sang Maha Kuasa yang mengatur alam semesta. Kedamaian dan kebahagiaan akan tercipta dibalik tawakal itu.

Jika semua yang kita kehendaki terus kita miliki, darimana kita belajar ikhlas? Seseorang yang dekat denganNya, bukan berarti tidak ada air mata. Seorang yang taat padaNya, bukan berarti tidak ada kekurangan. Seorang yang tekun berdoa, bukan berarti tidak ada masa sulit.

Biarlah Tuhan yang berdaulat sepenuhnya atas hidup kita, karena Dia tahu yang tepat untuk memberikan yang terbaik.

Rangkumlah hasrat sebatas tuju, dan jangan lagi kita biarkan ragu menghalang jalan. Hingga purna waktu memanggil ke penghujung usia, tak akan habis suara kita baca segenap tanda-tanda di wajah zaman.

Ujian? Ambil hikmahnya dan jadikan pelajaran.
______________
Salurkan donasi terbaik untuk palu dan Donggala melalui :
Bank Syariah Mandiri
(Kode 451)
7555250007
a/n Yayasan Pusat Peradaban Islam

Informasi dan konfirmasi :
+6281292847019

#BerkahBerjamaah
#AQLPeduli
#AQLMedia

Sebarkan Kebaikan!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close