ArtikelTausiyah

Doa Orang Berpuasa Mustajab, Jangan Sia-Siakan

“Ada tiga do’a yang tidak tertolak: (1) do’a pemimpin yang adil, (2) do’a orang yang berpuasa sampai ia berbuka, (3) do’a orang yang terzholimi.” (Hadis)

PUASA memiliki banyak kenikmatan. Berpuasa bukan sekedar menjalankan kewajiban seiring datangnya bulan ramadhan. Salah satu di antara nikmat besar itu adalah doa yang dipanjatkan oleh orang-orang yang berpuasa, tidak ditolak oleh Allah Swt..

Rasulullah Saw. pernah bersabda bahwa ada tiga doa yang pasti tidak ditolak oleh Allah Swt.,

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ »

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Ada tiga do’a yang tidak tertolak: (1) do’a pemimpin yang adil, (2) do’a orang yang berpuasa sampai ia berbuka, (3) do’a orang yang terzholimi.” (HR. Tirmidzi no. 3595, Ibnu Majah no. 1752. Hadits ini dishahihkan oleh Ibnu Hibban dalam shahihnya no. 2408 dan dihasankan oleh Ibnu Hajar).

Juga terdapat dalam hadis lain, Rasulullah Saw. bersabda,

عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ لِلصَّائِمِ عِنْدَ فِطْرِهِ لَدَعْوَةً مَا تُرَدُّ »

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya do’a orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR. Ibnu Majah no. 1753. Dalam sanadnya terdapat Ishaq bin ‘Ubaidillah. Ibnu Hibban memasukkan perowi ini dalam perowi tsiqoh. Perowi lainnya sesuai syarat Bukhari. Hadits ini dikuatkan dengan hadits sebelumnya yang telah disebutkan).

Rasulullah Saw. telah mengabarkan perihal tiga doa yang tidak akan ditolak Allah swt.. Dengan demikian, jangan sia-siakan kabar itu dan bersungguh-sungguhlah berdoa kepada-Nya, terutama detik-detik menjelang berbuka puasa. Curhat kepada-Nya tentang keinginan dalam hati. Katakan kepada-Nya harapan-harapan yang hendak diraih, dunia maupun akhirat.

Harapan yang paling indah adalah harapan yang menembus eskalasi langit sampai ke arasy Allah Swt.. Jangan sia-siakan, apalagi kita berada di bulan penuh berkah, ramadhan. (Disarikan dari tausiyah KH Bachtiar Nasir).

Penulis: MN

Sebarkan Kebaikan!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close