Cegah Dekadensi Moral, KPI Adakan Seminar “Patologi Sosial dan Moral Bangsa”

MAKASSAR (AQLNEWS)- Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah (KPI FAI Unismuh) Makassar mengadakan Seminar dengan mengangkat tema “Patologi Sosial dan Moral Bangsa”, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Sabtu (23/12) kemarin.

Seminar yang digelar di Gedung Akhwal Syakhsiyah Unismuh Makassar dipadati peserta dari berbagai jurusan Unismuh Makassar. Hadir dalam kesempatan itu Dr. Abbas Baco Miro Lc., MA, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan kelas 1 Makassar Ramli, SH., MH dan Dosen KPI Unismuh Makassar Dr. Dahlan Lama Bawa, S.Ag., MA.

Menurut Abbas dalam sambutannya, mahluk sosial tidak bisa dipisahkan dengan dakwah. Para da’i, lanjutnya, harus mengadakan upaya perbaikan moral dan akhlak anak bangsa dengan mengajarkan nilai-nilai agama. “karena patologi sosial semakin mengancam dan mencekam”, ucapnya.

“Hidayah itu ibarat cahaya yang akan masuk ke jendela yang terbuka. Untuk itu, tugas da’i mengarahkan orang yang terjerumus ke dalam lembah dekadensi moral agar membuka diri menerima cahaya”, sambungnya.

Patologi sosial yang terjadi saat ini bermacam-macam. Seperti yang dijelaskan Ramli dalam pemaparan materinya, “terutama pada tindak kejahatan mengosumsi narkoba. mengosumsumsi narkoba akan memberikan dampak pada kejahatan yang lain seperti tindakan begal dan lainnya”, ungkap Ramli.

Dosen KPI, Dahlan Lama Bawa yang juga sebagai pemateri menyimpulkan,”terjadinya patologi sosial itu disebabkan oleh sembilan hal”, katanya.

“Penyebab patologi itu antara lain; dangkalnya akidah, lemah iman, hubbuddunya (cinta dunia), hubbussyahwat (penyembah syahwat), meninggalkan syariat, meninggalkan budaya lokal,  dampak kemajuan teknologi informasi, globalisasi Ipoleksosbudhankam, dan kampanye HAM serta bias gender”, ucap Dosen KPI Unismuh itu.

Sebelumnya, seminar ini terlaksana atas kerjasama pihak Prodi KPI Unismuh Makassar dan Rutan Kelas 1 Makassar. *Arinal Hidayah Amsur

Sebarkan Kebaikan!