NasionalNews

Bersama TNI, AQL Latih Relawan Kemanusiaan Palu

Jakarta, Berkah Berjamaah. Penanggulangan bencana alam yang menimpa Palu dan Donggala menjadi fokus penting bagi AQL Peduli dan Berkah Berjamaah yang bernaung di bawah AQL Islamic Center. Sebagai langkah konkrit, AQL bekerjasama dengan Resimen Arhanud-1/F mengadakan pelatihan penyelamatan dasar untuk calon relawan. Pelatihan yang dilaksanakan pada hari Minggu (8/10) di Aula AQL Islamic Center, Tebet ini diikuti ratusan calon relawan dari berbagai kalangan.

Sersan Kepala Armawan bersama 4 orang anggota TNI-AD lainnya memberikan pelatihan teknik dasar penyelamatan seperti cara menggendong, memindahkan, membopong korban di daerah bencana. “Pelatihan seperti ini sangat penting mengingat daerah bencana itu medannya berat. Kita mengenalkan teknik dasar penyelamatan ini agar relawan bisa mandiri, disiplin, mampu bertahan di tempat bencana dan bisa menangani korban”, ujar kepala pelatihan relawan ini.

Selain penanganan korban, para relawan juga harus mengamankan dirinya terlebih dahulu. Untuk itu diadakan tes kesehatan bagi relawan yang akan diberangkatkan. Pada tahap awal telah dilakukan pemeriksaan tensi yang diinisiasi langsung oleh Ambo Tuwo dari Basikes Arhanud. “Alhamdulillah, hasil pemeriksaan hari ini cukup bagus, hanya ada beberapa orang yang tensinya tinggi tetapi itupun harus diadakan tes ulang dan dicari faktornya, apakah karena kelelahan, banyak bergadang atau ada faktor lain. Selebihnya tidak ada keluhan maupun penyakit berat dari para relawan ini”, jelas Ambu selepas memeriksa.

Bencana gempa dan tsunami yang menimpa Palu dan Donggala pada 28 September lalu telah memakan ribuan korban. Kesigapan AQL Peduli dan Berkah Berjamaah sebelumnya ditunjukkan dengan pemberangkatan tim relawan di hari kedua paska bencana. Pengiriman relawan ini akan terus dilaksanakan dalam rangka memulihkan Palu dan Donggala.

—————————
Salurkan donasi terbaik untuk palu dan Donggala melalui :
Bank Syariah Mandiri
(Kode 451)
7555250007
a/n Yayasan Pusat Peradaban Islam

Informasi dan konfirmasi :
+6281292847019

#BerkahBerjamaah
#AQLPeduli
#AQLMedia

Sebarkan Kebaikan!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close