News

Arah Perjuangan Umat

BANDUNG (AQLNEWS)– Kemanakah arah perjuangan umat? Apakah menang di dunia politik, atau menguasai perekonomian?

Sekjen Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Ustadz Bachtiar Nasir menyatakan bahwa politik maupun ekonomi hanyalah salah satu instrumen dalam dakwah.

“Politik hanya salah satu instrumen dakwah. Ekonomi juga cuma salah satu instrumen dakwah. Dakwalah sebenarnya yang membangun peradaban itu. Maka dakwah harus menjadi prioritas dalam segala aspek kehidupan,” tegas ulama yang sering disapa UBN itu dalam acara Tabligh Akbar MIUMI di Masjid Istiqamah, Bandung, Jawa Barat, Sabtu Malam, (22/12/2018).

Selanjutnya, Lulusan Universitas Madinah itu mengutip surat an-Nur ayat 55;

“Allah telah menjanjikan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman dan mengerjakan amal saleh, bahwa Dia sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah Dia ridhai (Islam). Dan Dia benar-benar akan mengubah (keadaan) mereka, setelah berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa.”

Seseorang akan beruntung jika meyakini janji baik Allah dan juga yakin akan ancamanNya.

Kedua keyakinan itulah yang akan menjadikan seseorang menjadi akhirat-oriented dan teguh dalam berdakwah. “Dan biasanya hidup orang seperti ini akan mantap menatap masa depan, karena tidak mendahulukan logika dalam mencari kebenaran, dia lebih percaya pada janji Allah,” lanjut pimpinan AQL Islamic Center itu.

Ustadz Bachtiar Nasir melanjutkan, bahwa syarat menjadi pemenang adalah beriman dan beramal shaleh. Seperti yang dijelaskan dalam ayat di atas; Allah menjanjikan kepada orang beriman dan beramal shaleh kekuasaan sebagaimana yang telah diberikan kepada orang-orang sebelum mereka.

Akan tetapi, jangan salah kaprah. Kemenangan ataupun kekuasaan yang dijanjikan oleh Allah tersebut mempunyai perbedaan mendasar dengan anggapan non-muslim.

Umat Islam tidak akan dianugerahi kemenangan jika orientasi dakwahnya adalah memperjuangkan ormas atau memperjuangkan suku. Allah akan menganugrahi kemenangan jika memperjuangkan agama.

“Memperjuangkan agama adalah ujung dari semua perjuangan. Dan pemimpinnya adalah ulama, karena ulama adalah ahli waris para Rasul. Selama kita berpegang pada kepemimpinan ulama untuk memenangkan agama, maka pasti menang.” Tegas UBN.

Dalam Islam, kekuasan hanyalah alat untuk memenangkan agama Allah Swt. “Tujuan politik Islam adalah memenangkan Islam di atas seluruh agama, seluruh sistem,” tegas Ustadz Mu’inuddinillah Basri Ketua MIUMI Solo yang menjadi salab satu narasumber Road Show MIUMI di Bandung.

Sebarkan Kebaikan!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close