News
Trending

AQL Peduli Gelar Pelatihan SAR di Purwakarta

PURWAKARTA (AQLNEWS)- AQL Isalmic Center melalui AQL Peduli gelar pelatihan potensi  search and rescue (SAR) di Purwakarta. Rencananya, pelatihan tersebut akan diadakan selama tiga hari di Gunung parang dan Waduk jatiluhur di Purwakarta, Jawa Barat.

Pelatihan kali ini diikuti 30 peserta dari relawan AQL Peduli yang telah bertugas di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) serta di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah. Seluruh peserta dilatih tentang teknik pertolongan pertama di Gunung / Hutan (junggle rescue) dan di laut (water rescue).

Pelatihan yang rencananya diadakan  selama 3 hari tersebut bertujuan untuk menyiapkan SDM tanggap darurat bencana alam dan non-bencana alam.

Pada hari Kamis peserta akan diberikan materi vertikal rescue dan hari Jumat akan diadakan Medical First Responder (MFR) di Gunung parang, Purwakarta. Di hari ketiga, Sabtu, (1/12/2018) akan dilakukan simulasi water rescue di waduk jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Sebelumnya, Pimpinan AQL Islamic Center, Ustadz Bachtiar Nasir melepas peserta secara resmi di gedung AQL Islamic Center, Tebet Utara 1 No. 40, Jakarta selatan, pada pukul 22.00 WIB, Rabu Malam, (28/11/18)

Saat pelepasan, Ustadz Bachtiar Nasir memberikan nasihat kepada relawan agar meluruskan niat hanya kepada Allah Swt., agar kegiatan ini bernilai ibadah di sisiNya. “Niatkan dalam hati bahwa ini adalah ibadah, bahkan jihad fisabilillah, sekaligus pengabdian kepada umat dan bangsa. Maka apa yang akan diberikan, seraplah sebaik mungkin dan ikutilah sedisiplin mungkin,” jelas UBN di gedung AQL, Rabu Malam, (28/11/18), saat melepas para peserta.

Beliau juga mengingatkan bahwa dalam aksi kemanusiaan kedisiplinan adalah hal yang paling penting agar relawan tidak menjadi beban saat bertugas di lapangan.

“Dalam aksi kemanusiaan seperti ini disiplin nomor satu. Sebab, jangan sampai kalian sendiri yang membawa masalah, atau akan menimbulkan persoalan yg lebih besar di lapangan.” tutupnya.

Sebarkan Kebaikan!

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close