ArtikelTadabbur
Trending

Agar Menjadi Manusia Pilihan Allah

KENAPA Allah Swt. memulai surat Arrahman dengan mengagungkan dirinya sebagai Arrahman? Surat tersebut adalah salah satu surat favorit umat Islam. Bisa dikatakan salah satu surat yang sangat disenangi oleh para muda-mudi. Tapi apakah pertanyaan di atas pernah terbetik?

Jika ada sesuatu yang paling dibuthkan dalam hidup kita adalah rahmat Arrahman. Dan rahmat yang paling tinggi adalah Alquran. Untuk itu, setelah Allah Swt. mengagungkan diriNya sebagai Arrahman maka diagungkanlah Alquran. Bagi jiwa manusia makanan yang paling dibutuhkan adalah Qur’an.

Oleh karena itu, orang-orang yang diberikan kesempatan menghafal Qur’an adalah manusia pilihan untuk mendapatkan rahmat terbesar Allah Swt.. Manusia yang di dalam dadanya ada Qur’an, maka telah dimuliakan oleh Allah Swt.. Manusia yang telah dimuliakan oleh Allah, maka semua mahlukNya akan memuliakan orang tersebut.  

Berhenti sejenak dan mari kita renungkan. Mengapa ada benda mati yang menjadi mulia? Mengapa ada lorong waktu yang dimuliakan? Kenapa ada malaikat yang menjadi paling mulia? Dan kenapa ada manusia yang menjadi paling mulia? Karena Alquran. Demikian juga Lauh Almahfuzh, sesuatu yang paling terjaga dan dijaga serta tidak akan tersentuh karena di dalamnya tersimpan skrip asli Alquran. Siapapun dan apapun yang berinteraksi dengan Alquran maka akan dimuliakan oleh Arrahman.

Bahkan kualitas sebuah umat akan diukur dari interaksinya dengan Qur’an. Contoh yang sangat konkrit misalnya, perbandingan kualitas umat muslim sekarang dan umat Islam pada zaman sahabat. Kita kini, jumlah umat Islam berkisar 1,8 Milyar, tapi apakah kita telah mampu membebaskan Baitul Maqdis dari cengkraman Zionis Yahudi? Apakah kita sudah mampu menjadi pelindung Suriah, Rohingya, atau Uighur?

Pada zaman sahabat, umat Islam hanya berkisar seratus dua puluh ribu, tapi mereka telah mampu menaklukkan 2/3 dunia. Hal terpenting adalah, saat Qur’an menjadi pegangan kuat umat Islam Berjaya di dunia.

Pertanyaanya, apa rahasia kehebatan para saahabat? Rahasianya adalah pada Alquran. Darimana mereka mampu mendapatkan banyak manfaat dari Alquran sehingga mereka menjadi manusia paling berkualitas. Karena mereka menjadi Alquran sebagai sumber hidayah. Karena memang, salah satu tujuan utama diturunkan Quran adalah sebagai petunjuk. Allah Swt. berfirman.

“Alif laam miim. Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa.” (QS. Albaqarah : 1-2)

Orang-orang yang tidak ada Alquran di dalam hatinya seumpama penduduk kuburan yang berkeliaran. Kehidupan yang sesungguhnya adalah ketika hatinya dipenuhi oleh Alquran. *Ditulis dari tausiah Ustadz Bachtiar Nasir di Ponpes Islam Almukmin, Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Sebarkan Kebaikan!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close