Adian Husaini: Aksi Lebih Penting dari Seminar Isu Palestina

DEPOK (AQLNEWS) – Intelektual Muslim dan akademisi Dr Adian Husaini memandang aksi kemanusiaan untuk Palestina jauh lebih penting dari sekadar diskusi dan seminar mengenai isu negeri yang terus dilanda konflik sepanjang masa itu. Dia menegaskan, pemegang kekuasaan di Palestina pun tidak lagi menganggap dialog sebagai jalan perdamaian.

“Isu Palestina hari ini mengalami dinamika, bisa dikatakan, setiap detiknya. Bentuk seminar yang membutuhkan banyak persiapan tidak relevan dan kurang bermanfaat dengan sifat isu Palestina saat ini. Jauh lebih bermanfaat bila kita membicarakannya secara intensif dalam diskusi-diskusi tim yang akan bergerak langsung untuk Palestina,” ungkap penulis buku tersohor ini saat menerima kunjungan tim Spirit of Aqsa (SoA) di kediamannya, Komplek Timah Depok, Jawa Barat, Selasa (28/3/17).

Tim Spirit of Aqsa sebenarnya mengajak Ustadz Adian untuk membedah kembali tesisnya dengan judul Pragmatisme Politik Luar Negeri Israel itu. Ustadz asal Bojonegoro ini menanggapi bahwa sudah ada banyak pihak yang mengurusi masalah Palestina. Tapi harus ada yang fokus mengawal isu aktual di sana seperti adanya rencana Presiden Amerika Serikat Donald Trump memindahkan Kedutaan Amerika untuk Israel ke Jerusalem, Al-Quds. Di Indonesia, beliau lihat belum ada yang merespons isu tersebut. “Bagi kita di Indonesia, yang paling penting adalah menjaga opini umat agar tidak melupakan Palestina baik di tingkat nasional maupun dunia internasional. Isu Palestina juga strategis karena sejalan dengan sikap politik pemerintah yang secara garis besar mendukung Kemerdekaan Palestina,” urai peraih gelar doktor di Institute of Islamic Thought and Civilization-International Islamic University Malaysia (ISTAC-IIUM) dalam bidang pemikiran dan peradaban Islam tersebut.

Pada kesempatan itu, Tim Spirit of Aqsa menghadiahkan Buku Referensi pergerakan membebaskan Palestina, karya Dr Raghib As-Sirjani, yang diterbitkan Spirit of Aqsa. Ustadz Adian terlihat begitu antusias dan langsung menelaah beberapa bagian dari buku yang berjudul Palestina Kewajiban yang Terlupakan itu. *as’ad/ azh

Sebarkan Kebaikan!