ArtikelTausiyah

4 Tingkatan Rezeki

APA motivasi kita sehingga rela bermacet-macetan? Rela berangkat pagi buta pulang tengah malam? Mencari rezeki. Tahukah kita bahwa ada tingkatan rezeki yang Allah Swt. Berikan kepada hamba-hamba-Nya?

Allah ar-Razzaq telah menjamin rezeki bagi setiap mahluk-Nya. Setiap manusia yang terlahir ke muka bumi telah dilengkapi dengan rezeki masing-masing. Oleh karenanya, kita tidak boleh mengkhawatirkan soal rezeki, karena Allah ar-Razzaq telah mengaturnya. Yang harus kita lakukan adalah bagaimana cara menjemput rezeki itu.

Ada empat tingkatan rezeki yang Allah berikan kepada hamba-hambaNya.

1. Rezeki Yang Telah Dijamin Allah Swt.

Rezeki yang telah dijamin ini termaktub dalam Al-Qur’an surat Hud ayat 6 Allah SWT. berfirman:

Artinya: “Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)“.

Allah Swt. akan memberikan kesehatan, makan dan minum untuk seluruh mahluk hidup yang ada dunia ini. Tingkatan rezeki ini merupakan tingkat dasar yang paling rendah.

2. Rezeki Yang Diperoleh Sesuai Dengan Usahanya

Allah akan memberikan rezeki sesuai dengan apa yang telah dilakukan oleh hambanya. Jika manusia bekerja dengan ilmu, kerja dengan lebih giat, banting tulang, lebih lama, lebih rajin, lebih sungguh-sungguh, maka ia akan mendapat rezeki yang sesuai. Tidak pandang hambaNya itu seorang Muslim bukan.

Dalam Al-Qur’an  surat An-najm ayat 39 Allah SWT. berfirman:

Artinya: “Dan bahwasanya seorang manusia tidak memperoleh selain apa yang telah diusahakannya“.

3. Rezeki Bagi Orang-Orang Yang Bersyukur

Allah SWT. berfirman dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 7:

Artinya: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih“.

Seperti yang dikabarkan dalam ayat ini, bahwa Allah Swt. akan menambah rezeki bagi hamba yang pandai bersyukur. Ada kebahagiaan di dalam syukur. Ada kesejahteraan dan hati yang tentram bagi hamba yang pandai bersyukur. Dan berbagai balasan istimewa lainnya dari Allah ar-Razzaq.

4. Rezeki Bagi Orang-Orang Yang Bertakwa

Inilah tingkatan rezeki yang paling tinggi. Dalam Al-Qur’an  surat at-Thalaq ayat 2-3 Allah SWT. berfirman:

Artinya: “…Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

Tingkatan rezeki yang terakhir ini adalah rezeki yang sangat istimewa dan tidak semua orang bisa meraihnya. Orang istimewa ini adalah orang yang benar-benar di cintai dan dipercaya oleh Allah karena keimanan dan ketaqwaannya.

Namun bukan berarti cukup hanya dengan iman dan taqwa saja rezeki dapat diperoleh, melainkan didapatkan dengan usaha yang keras, selalu bersyukur dan dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan. Seperti contoh baginda Nabi Muhamad saw. dan istrinya Siti Khadijah. Meskipun Allah telah mencukupi rezekinya namun beliau tetap berusaha semaksimal mungkin, bersyukur, berbagi dan tetap mengembalikan semuanya kepada Allah SWT.

Hal terpenting yang harus dilakukan kita adalah tetap berikhtiar dalam menjemput rezeki itu. Terlepas dari rezeki kita banyak atau sedikit, itu dikembalikan kepada Allah SWT. Tugas kita hanyalah mencoba dan berjuang, karena di dalam mencoba itulah kita akan menemukan banyak hal dan belajar membangun kesempatan untuk lebih berhasil.

*Gubahan M

Sebarkan Kebaikan!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close